Katanya, cobaan itu karena kita banyak dosa ya?

Analoginya kayak saat kita punya anak yang lagi mainan pisau. Pisau kan bahaya buat anak kita. Tentu kita larang dong? Eh anak kita malah marah sama kita, dia bilang kita jahat. Padahal maksud kita baik, ya kan? Saat kita ngingetin dengan cara yang halus ternyata ga mempan, ya akhirnya kita jewer deh.

Nah, dosa itu kan bahaya buat kita, bisa bikin kita dipanggang bertahun-tahun dengan api yang jauh lebih panas dari api di dunia, ih ngeri ngebayanginnya. Makanya Allah mau ngingetin kita buat ninggalin tuh dosa. Cuma Allah ngingetin kita dengan cara halus ternyata ga mempan, akhirnya kita dikasih cobaan yang berat supaya kita sadar, meski awalnya kita nangis dulu.

Terus kenapa ada orang soleh yang dikasih cobaan juga?

Cobaan itu ga cuma dikasih ke kita saat kita berdosa saja loh, ternyata Allah juga memberikan kita cobaan bahkan saat kita dekat dengannya. Hakikatnya Allah sedang menguji kita supaya kita bisa naik kelas, supaya kita bisa naik kedudukan di mata Allah. Kayak kalau kita naik dari kelas 1 SD ke kelas 2 SD kita dikasih ujian dulu kan? Kalau lulus boleh naik ke kelas 2, kalau ga lulus ya tinggal kelas, ngulang lagi tahun depan deh. Intinya segala sesuatu itu ada hikmahnya. Cuman terkadang dosa kita menutupi hati kita untuk menangkap hikmah itu.

Nih kunci menghadapi setiap cobaan.

Kita harus selalu berbaik sangka kepada Allah, terhadap apapun yang terjadi dalam hidup kita. Ketahuilah bahwa Allah memberikan segala kejadian dalam hidup kita pasti untuk kebaikan kita, entah itu enak, entah itu ga enak menurut kita.

“Dan boleh jadi kita membenci sesuatu padahal itu baik bagimu (menurut Allah),dan boleh jadi kita menyukai sesuatu padahal itu buruk bagimu (menurut Allah). Allah tahu dan kamu tidak tahu.” (QS Al-Baqoroh:216)

Lalu ada yang berkata pada saya, “Allah ngasih cobaan kok berat banget ya, ga kuat nih”. Makanya kalau punya Al-Qur’an, dibaca ya🙂 Allah tidak akan membebani seseorang melainkan sesuai dengan kemampuannya” (QS Al-Baqoroh:286)

Allah Yang Maha Bijaksaa pasti sudah mengukur segala yang ingin Dia timpakan pada kita. Kita pasti bisa melewatinya. Cobaan itu terasa berat kalau kita mengandalkan diri sendiri, coba kita andalkan Allah, Yang Maha Kuasa, Yang menguasai segala kejadian, Yang menguasai semua rizki, Yang Maha membolak-balikkan hati hambanya. Kalau kita sudah punya Allah yang Maha Segalanya, lantas untuk apa kita takut menghadapi hidup ini?

Katakan pada Allah, “Ya Allah, aku punya masalah besar.”

Lalu katakan pada masalah, “Wahai masalah, aku punya Allah Yang Maha Besar”.